MENENGOK KAMPUNG NEOLITIK MINANGA SIPAKKO DI PEDALAMAN KALUMPANG

Main Article Content

nfn Nasruddin

Abstract

Kegiatan penelitian situs Minanga Sipakko merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya. Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut karakter situs yang belum terungkap secara jelas, termasuk temuan kereweng dan beliung yang tersebar di dasar lereng sungai. Selain itu, kondisi situs yang terancam hilang oleh longsoran dan erosi sungai Karama. Tujuannya untuk menyelamatkan data yang masih tertinggal, agar jejak penghunian dan sisa-sisa artefak serta tinggalan lainnya dapat mengungkapkan seluk beluk kehidupan neolitik di tepian Minanga Sipakko. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data diantaranya pendokumentasian yang dilanjutkan dengan pengklasifikasian dan interpretasi data. Hasil penelitian memperlihatkan situs Minanga Sipakko masih menyimpan harapan untuk diteliti lebih sistematis dengan memperluas lokasi trench pada kisaran 100-200 meter sebelah timur dari titik trench kotak 1 dan 3, alas an ini didukung oleh temuan temuan gerabah dan beliung dari hasil survei yang tergerus dan longsor akibat erosi.

Article Details

Section
Articles

References

Heekeren, van, 1972. "The Stone Age of Indonesia", Verhandelingen van het Koninklijk Instituut voor Taal, Land-en Volkenkunde. The Hague-Martinus

Nijhoff. Oey-Blom, Jessy, 1985. "Arca Buddha Perunggu dari Sulawesi", Amerta, no.1. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Simanjuntak, Harry Truman, 1995. "Kalumpang: Hunian Tepi Sungai Bercorak Neolitik-Paleometalik di Pedalaman Sulawesi Sela ta", Aspek-aspek Arkeologi Indonesia, no.17. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

-------------, 1993. "Neolitik di Indonesia: N era ca dan Perspektif Penelitian", Jurnal Arkeologi Indonesia, no. 1, Jakarta: IAA1

Stein Callenfels, P.V. van, 1951. "Prehistoric Sites on the Karama river, West Toradjaland, Central Celebes", Journal of East Asiatic Studies, vol. I, no.1. Manila.

Tim Penelitian Kalumpang, 1994. Laporan Penelitian Kalumpang, (tidak terbit). Ujungpandang: Balai Arkeologi.

Tim Penelitian Kalumpang, 1995. Laporan Penelitian Minanga Sipakko, Kalumpang, (tidak terbit). Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.