KEMUNGKINAN PENERAPAN METODE ANALITICAL HIERARCHI PROCESS DALAM PERSPEKTIF RUANG SKALA MIKRO (STUDI KASUS GUA GARUNGGUNG, KABUPATEN PANGKEP)

Main Article Content

nfn Asfriyanto

Abstract

Gambar prasejarah yang terdapat pada gugusan gua hunian di Maros-Pangkep, dapat dijadikan suatu objek ujicoba pendekatan metode analytical hierarchi proses (AHP) dalam bidang arkeologi. Secara umum permasalahan penelitian berkaitan dengan fenomena tersebut, yaitu apa yang menjadi alas an pendukung kebudayaan Garunggung dalam memilih ruang dan bidang gua sebagai media gambar. Pendekatan ini bertujuan untuk menguji variabilitas data ruang dan bidang sebagai media gambar. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data, karena pendekatan analitical hierarchi proses membutuhkan beberapa kriteria data seperti data morfologi gua yang berkaitan dengan keruangan, dilanjutkan dengan menganalisa dan menafsirkan data. Hasil yang diperoleh bahwa tulisan ini barulah sebatas ujicoba, dan harus diujicobakan pada gua-gua prasejarah lain yang tersebar digugusab kawasan karts Maros-Pangkep dan objek arkeologi lain. Penerapan pendekatan ini layak dipertimbangkan dalam analisis yang memiliki spesifikasi jangkauan ruang skala mikro.

Article Details

Section
Articles

References

Kosasih, E.A, 1983. “Lukisan Gua di Indonesia Sebagai Sumber Data Penelitian Arkeologi”. PIA III, Ciloto.

___________ 1986. “Studi Komparatif Tentang Lukisan-Lukisan Gua Prasejarah Dikawasan Asia Tenggara (Indonesia, Thailand dan Pilipina)”. PIA IV, Cipanas.

___________ 1995. “Lukisan Gua Di Sulawesi Selatan: Refleksi Kehidupan Masyarakat Pendukung”. Tesis, Universitas Indonesia Jakarta.

Nasruddin, 1996. “Pemanfaatan Gua-Gua Prasejarah Pangkep: Suatu Kajian Bentuk Pemilihan Situs”. Evaluasi Hasil Penelitian Arkeologi. Ujung Pandang

Renfrew, Colin and Paul Bahn, 1991. “Archaeology Theories, methods and practice”. London: Thames and Hodson

Setiawan, Findi. 2002. “Gambar Cadas Indonesia”, Makalah pada seminar Budaya Visual Masyarakat Prasejarah. Seni rupa ITB. Bandung.

Supratpa, Blasius. 2000. “Penggarapan Ekoton Mangrove Dan Marin Masyarakat Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut Di Pangkep: Suatu Kajian Sejarah Budaya”. Buletin Prasejarah, vol 1 tahun 2000. Asosiasi prehistorisi Indonesia (API). Jakarta.