REFLEKSI STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT BUGIS PADA SITUS KOMPLEKS MAKAM KALOKKOE WATU SOPPENG

Main Article Content

nfn Makmur

Abstract

Sistem pelapisan sosial pada masyarakat Sulawesi Selatan sudah terbentuk sejak lama yaitu golonganbangsawan yang berasal dari keturunan to manurung, lapisan orang-orang biasa yang disebut to maradekadan lapisan ata atau hamba sahaya. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai adanyastratifikasi sosial yang dimanifestasikan dalam penataan makam-makam pada awal Islam. Studi inimenitikberatkan pada pengkajian bentuk dan tata letak makam di Kompleks Makam Kalokkoe WatuSoppeng. Dalam pencapainnya digunakan teknik observasi dan analisis berdasarkan atribut bentuk dangaya jirat maupun nisan di kompleks tersebut. Refleksi stratifikasi sosial masyarakat masa lampau terlihatdengan jelas pada sistem penataan ruang-ruang mikro. Letak maupun bentuk jirat dari tokoh bangsawanmemiliki keistimewaan dari makam-makam yang lainnya.

Article Details

Section
Articles

References

Ambary, Hasan Muarif. 1991. Makam-Makam Kesultanan dan Para Wali Penyebar Islam di Pulau Jawa. Aspek-Aspek Arkeologi Indonesia No.12. Puslitarkenas. Jakarta.

Darmawaty Yulia, dan Djamil Achmad, 2011. Buku Saku Sosiologi SMA. Jakarta. Penerbit : Kawan Pustaka.

Hasanuddin dan Basran Burhan, 2011. Bentuk dan Ragam Hias Makam Islam Kuno di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Balai Arkeologi Makassar : Jurnal Walennae Volume 13 Nomor 1 : 85-97.

Mattuladda, 1974. Bugis Makassar, Manusia dan Kebudayaan. Berita Antropologi No. 16 Fakultas Sastra UNHAS. Makassar.

………….., 1998. Sejarah, Masyarakat, dan Kebudayaan Sulawesi Selatan. Penerbit : Hasanuddin University Press. Makassar

Muheminah dan Makmur. 2015. Masa Awal Hingga Berkembangnya Kerajaan Ajatappareng

(Abad 14 – 18). Jurnal Purbawidya Volume 4 Nomor 2: 55-65.

Nur, Rafiuddin. M, 2007. Lontara’-na Soppeng dari Kerajaan-Kembar Menuju Kabupaten. Penerbit : Rumah Ide. Makassar.

Paeni Mukhlis, Poelinggomang Edward, Kallo Abdul Madjid, Sulistio Bambang, Thosibo Anwar, Maryam Andi. 1995. Sejarah Kebudayaan Sulawesi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. Jakarta

Pelras, Christian, 2006. Manusia Bugis. Dialih bahasa oleh Abdul Rahman Abu, Hasriadi, Nurhady Sirimorok. Jakarta. Penerbit : Nalar bekerja sama dengan Forum Jakarta-Paris.

Sewang, M. Ahmad. 2005. Islamisasi Kerajaan Makassar, Abad XVI Sampai Abad XVII. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Simanjuntak, Truman, dkk. 2008. Metode Penelitian Arkeologi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, Jakarta

Soeroto, Myrtha. 2003. Pustaka Budaya dan Arsitektur Bugis Makassar. Penerbit : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Balai Pustaka. Jakarta.

Syani, Abdul, 1995. Sosiologi dan Perubahan Masyarakat. Jakarta. Penerbit : Pustaka Jaya.