FRAGMEN WADAH TEMBIKAR DARI SITUS MALLAWA: BEBERAPA TIPE TEKNOLOGIS

Main Article Content

nfn Najemain

Abstract

Situs Mallawa terletak di desa Sabila Kecamatan Mallawa kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe teknologi wadah tembikar di Situs Mallawa. Dengan melakukan survei permukaan berhasil dikumpulkan 290 fragmen yang terdiri atas berabagai bentuk dan ukuran. Melalui hasil analisis morfologis yang dilakukan diketahui bahwa tembikar di Situs Mallawa memiliki dua tipe yaitu wadah berhias dan wadah polos. Selain itu berdasarkan hasil analisis komposisi bahan dasar dan campuran tembikar dari situs mallawa terdiri dari wadah-wadah halus dan kasar. Selain itu berdasarkan hasil analisis laboratorium dapat di simpulakan bahwa tembikar dari Situs Mallawa merupakan barang impor yang berasal dari luar Situs Mallawa

Article Details

Section
Articles

References

Cardin, Jean-Claude. 1958. “For Codes Description of Arifacts”, American Anthropology, Wisconsin.

Cole, Sonia. 1970. The Neolithic Revolution, London: British Museum (Natural History) Trustees of the British Museum.

Deetz, James. 1967. Invitation to Archaelogy,New York: The Natural History Press.

Haviland, William A. 1988. Antropologi, I, ter. R.G. Soekadijo, Jakarta: Erlangga.

Intan, Fadhlan S. 1995. “Keadaan Geologi dan Peninggalan Arkeologi Situs Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan”, Jakarta: Puslit Arkenas-Balai Arkeologi Ujung Pandang (Tidak Terbit).

Istari, Rita T.M. 1996. “Gerabah Mallawa dan Selayar berdasarkan kajian Arkeometri”, EHPA, VI, Ujung Pandang.

McKinnon, E.E. 1991. Buku Panduan Keramik. Indonesia Fields School of Archaelogy, Jakarta: Puslit Arkenas.

Mulvaney, D.J. and Soejono, R.P. 1970. “The Australian Indonesian Archaeological Expedition to Sulawesi”, Asian Perspectives, VI. Proyek Penggalian di Sulawesi Selatan, Yayasan Purbakala.

Nitihaminoto, Gunadi. 1993. “Cara cara menentukan kekunaan gerabah dalam penelitian arkeologi, analisis eksternal”, Berkala Arkeologi, 1/XIII, Balai Arkeologi Yogyakarta.

Soegondho. Santoso. 1989. “Gambaran tentang sistem produksi dan distribusi gerabah Plawangan”, PIA, V. Jakarta: IAAI.

Soejono, R.P. 1975. “Jaman Prasejarah di Indonesia”, Sejarah Nasional Indonesia, I, Jakarta. Depdikbud.

-------------- 1981. “Pengkerangkaan Prasejarah di Indonesia” Aspek Aspek Arkeologi Indonesia, 5. Jakarta: Puslit Arkenas.

Solheim, Wilhem G. (Ed), 1969. Asian Perspectives, The Bulletin of the Eastern Prehistory Association, VIII, Hongkong University Press.