VARIABILITAS TEMUAN SITUS TINCO SEBAGAI INDIKASI SITUS PEMUKIMAN AWAL KERAJAAN SOPPENG

Main Article Content

nfn Rosmawati

Abstract

Situs Tinco merupakan suatu kawasan yang mengandung tinggalan arkeologis dengan variabilitas jenis, bentuk dan karakteristik tersendiri. Kawasan situs Tinco sangat potensial dan strategis untuk dijadikan sebagai tempat beraktivitas, sebagaimana yang tampak pada pola distribusi temuan artefaktualnya. Temuan tersebut dapat didekati dengan dua pandangan yaitu keruangan dan idiologis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengambarkan variabilitas temuan yang ada di situs Tinco. Metode yang digunakan berupa deskripsi data artefak berdasarkan pembagian wilayah survei, kemudian dikelompokkan dan dianalisis sehingga menghasilkan interpretasi data. Hasil yang diperoleh menunjukkan kawasan Situs tinco sebagai pusat awal berdirinya kerajaan Soppeng. Berdasarkan temuan keramik asing dapat diketahui periode masa okupasi situs yang kemungkinan berada pada abad ke-12 masehi sebagai awal berdirinya kerajaan Soppeng praislam.

Article Details

Section
Articles

References

Agustiawan. 1990. “Analisis Keramik Asing Situs Tinco di Soppeng Sulawesi Selatan”. Skripsi. Ujung Pandang : Fka, Sastra Unhas.

Duli, Akin. 1996. “Batu Bergores Pada Situs Mengalitik Tinco dan Lawo di Kabupaten Soppeng, Suatu Studi Etnoarkeologi”. Dibawakan Pada seminar Prasejarah Indonesia I dan Kongres API I di Yogyakarta, Tanggal 1-3 Agustus 1996.

________ . 1996. “Bentuk dan Fungsi Susunan Batu Temu Gelang di Sulawesi Selatan, Suatu Studi Etnoarkeologi”. Dibawakan pada pertemuan Ilmiah Arkeologi VII di Cipanas, 11-16 Maret 1996.

________ . 2005. “ Pengaruh Lingkungan Dalam

Hodder, Ian. 1992. “Reading The Past, Current Approaches to Interpretation in Archaeology”. Cambridge: University Press.

Kallupa, Bahru, dkk. 1989. “Survei Pusat Kerajaan Soppeng 1100-1986”. Ujung Pandang : Final Report to The Australian Myer Foundation.

Mundarjito. 1990. “Metode Penelitian Arkeologi Pemukiman”. Monumen. Jakarta: Edisi Khusus Fak. Sastra UI.

Sahar. 1990. “Peninggalan Megalitik Situs Tinco, Kabupaten Soppeng, Profinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi. Ujung Pandang : Fak. Sastra Unhas.

Soejono, R.P. (ed). 1984. “Jaman Prasejarah Indonesia”. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta : Balai Pustaka.

Sukendar, Haris. 1977. “Tinjauan Tentang Peninggalan Tradisi Megalitik di Daerah Sulawei Tenggara”. PIA I. Jakarta : Puslit Arkenas.