KIPRAH SYEKH ABD. MANAN DAN TRANSFORMASI SOSIAL DI BANGGAE, MAJENE

Main Article Content

Andi Fatmawati Umar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tokoh syekh ABD manan dengan fokus utama untuk mengetahui latar sejarah kehidupannya di daerah banggae, majene. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui tinjauan pestaka dan melakukan survei lapangan untuk merekam tinggalan budayanya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kehadiran syekh abd. Manan di banggae mendapat dukungan dari raja banggae, hal ini juga telah mengubah pola pikir masyarakat dalam menanamkan rasa solidaritas serta semangat kebersamaan, tetapi sebagian masyarakat masih tetap mempertahankan tradisi pra-islam yang tujuannya memperbaiki status sosial. Hal ini dapat dilihat dari pendirian bangunan makam yang megah dengan ragam hias serta nisan yang ditempatkan di atas bangunan tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Rahman, Darmawan Mas'ud, dkk., 1994. Benda Cagar Budaya di Kabupaten Majene Sulawesi Selatan, (Laporan Penelitian). Ujung Pandang: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Sulselra, (belum terbit).

Fadilla, Muh. Ali, 1999. Warisan Budaya Bugis di Pesisir Selatan Denpasar. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Hasan, Ahmad, 1999. Sistem Perkawinan Adat Mandar di Kee. Banggae. (Belum terbit).

Kila, Syahrir, 1999. Sejarah dan Budaya Masyarakat Suku Bangsa Mandar. Ujung Pandang: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Trasional.

Montana, Suwedi, dkk., 1994. Potensi Tinggalan Masa Islam di Wilayah Majene dan Sekitarnya, (Laporan Penelitian Arkeologi). Ujung Pandang: Balai Arkeologi.