INTEGRITAS SOSIAL DAN KULTURAL DALAM TRADISI MEGALITIK DI POSSI TANA, KAJANG

Main Article Content

Andi Fatmawati Umar

Abstract

Kepercayaan mengenai kekuatan arwah sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Masyarakat selalu berusaha menjaga hubungannya, sebagai wujud pengabdiannya mereka melakukan pemujaan dengan menggunakan berbagai bentuk benda sebagai medianya. Konsep pemujaan ini masih terlihat pada beberapa daerah termasuk di situs Possi Tana Kajang. Tulisan ini dicoba untuk mengkaji kebudayaan megalitik yang berwujud benda dan adat istiadat yang masih berlangsung, dan bertujuan untuk mengetahui kebudayaan materi yang ada di Possi Tana Kajang. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data pustaka dan lapangan dengan menggunakan pendekatan etnoarkeologi. Hasil yang diperoleh bahwa manusia sebagai anggota masyarakat memiliki sejumlah nilai budaya yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu system. Wujud budaya materi yang dihasilkan mengandung makna dan tujuan guna memenuhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

Article Details

Section
Articles

References

Geldern, R. von Heine. 1945. "Prehistoric Research in The Netherlands Indies" Science and Scientists in The Netherlands Indies. New York: Pieter Honing, Ph.D.

Hartatik, 2002. "Keseimbangan Kosmos dalam Kehidupan Masyarakat Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah", dalam Naditira Widya Bulletin Arkeologi No. 08. Banjarmasin : Balai Arkeologi.

Kadir, Harun. 1977. "Aspek Megalitik di Toraja Sulawesi Selatan", Pertemuan Ilmiah Arkeologi I. Jakarta : Puslit Arkenas.

Kaudern, Walter. 1938. • Megalithic Finds in Centreal Celebes. Ethnografical Studies in Celebes. Elanders Boktyckery Akticbollog Gotebmg.

Mulia, Rumbi. 1981. Nias: The Only Older Megalithic Traditional lndonesia. Bulletin of The Research Centre of Archaeology of Indonesia, No. 16, Jakarta.

Soejono, RP. (ed.) 1984. "Jaman Prasejarah Indonesia" dalarn Sejarah Nasional Idonesia I. Jakarta : Balai Pustaka.

Sukendar, Haris. 1983. "Peranan Menhir dalam Masyarakat Prasejarah di Indonesia". Pertemuan llmiah Arkeologi lll. Jakarta : Puslit Arkenas.