PEMUKIMAN MASA KOLONIAL DI KOTA BENTENG SELAYAR

Main Article Content

Lenrawati Lenrawati

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis berada di wilayah Selayar. Penulis mengambil tema pemukiman masakolonial di Kota Benteng Selayar skala semi mikro. Pada penelitian ini penulismenjawab dua pertanyaanpenelitian yang berhubungan dengan bentuk pemukiman masakolonial, dengan tujuan untuk mengetahuitinggalan bangunan kolonial dan faktor yang melatari bentuk pemukiman tersebut. Analisis yangdilakukan adalah analisis keruangan terhadap material pemukiman. Hasil penelitian menunjukkan bahwabentuk pemukiman masa kolonial diSelayar telah direncanakan. Hal ini dibuktikan oleh pola sebaranpemukiman yang memanjang dari utara ke selatan, mengikuti morfologi bentang lahan dan arah garispantai.


Research conducted by the writer in Selayar region. The writer choose Colonial settlements at KotaBenteng Kabupaten Selayar-semi micro scale as theme of research. On this research writer is trying toanswer two research questions in relation with colonial settlements. Spacial analisedwas conduct by thewriter toward materials of settlements. The purpose of this researh is to investigate the remains ofcolonial buildings and the factors underlying form of colonial settlement. This reseach found that there’s‘spacial plan’ in forming a settlement in colonial period. It was proved by pattern of settlementsdistribution which streched from north to south,based on the morfologi, landscape, and horrison.

Article Details

Section
Articles

References

Anonim. 2004. Jelajah Pemerintah dan Pembangunan Selayar Tomanurung-Akib Patta. Pemerintahan Kabupaten Selayar. Benteng.

Anonim. 2006. Laporan Pendataan Situs Peninggalan Sejarah dan Purbakala Di Kabupaten

Selayar Propinsi Sulawesi Selatan. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Makassar. Makassar.

Lenrawati. 2013. Laporan Kegiatan Triwulan Pertama Pamong atau Penyuluh Budaya Non PNS

Wilayah Kerja Kabupaten Kepulauan Selayar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Makassar.

Wibisono. 1991. Pola pemukiman di pulau Selayar (suatu kajian arkeologi pemukiman). Tesis Tidak Terbit Pasca Sarjana.

Yunus, Hadi Sabari. 2008. Manajemen Kota Perspektif Spasial. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

------------------------. 2008. Struktur Tata Ruang Kota. Pustaka pelajar. Yogyakarta.