BENTUK-BENTUK WADAH KUBUR KAYU DI SULAWESI SELATAN DAN TENGGARA

Main Article Content

Bernadeta AKW

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriftif yang memberikan gambaran terkait bentuk-bentuk wadah kubur kayu di sulawesi selatan dan Tenggara. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi beberapa bentuk wadah kubur kayu seperti bentuk, babi, rumah adat, perahu, kerbau, kuda, bentuk bulat dan bentuk persegi empat panjang. Dengan mempelajari bentuk-bentuk wadah kubur yang ada, dapat disimpulkan bahwa tradisi penguburan menggunakan wadah kayu adalah kelanjutan dari tradisi megalitik, bentuk penguburan yang dilakukan adalah penguburan kedua disertai dengan bekal kubur dan bentuk-bentuk wadah kubur yang bervariasi tidak lain di dorong oleh latar belakang kepercayaan, adaptasi dengan lingkungan serta pengalaman sehari-hari dan pengalaman batin mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Asmar, Teguh. 1975. “Megalitik di Indonesia Ciri dan Problemnya”, Buletin Yaperna, No. 7. Tahun II Jakarta.

Bernadetha, AKW dkk. 1995. “Erong sebagai Wadah Kubur di Situs Lombok dan Londa Tana Toraja Tinjauan Fungsi dan Teknologi”, Puslit arkenas Balar ujung pandang.

Bustanul, Amar, 1991. “Wadah Kubur di Gua Passea Kabupaten Bulukumba (Suatu Deskriptif Analitik)”, Skripsi Fakultas Sastra UH. Ujung pandang.

Campbel, Julie 1989. “Toraja Perjalanan ke Alam Baqa”, Majalah Suara Alam. No. 69. PT. Suara Alam Jakarta.

Deetz, James. 1967. Invitation to Archaelogy. The Natural History Press Gorden City, New York.

Harsyad, 1993. “Pola Penguburan dalam Gua di Lowa Selayar” Studi Komparasi Mengenai Sistem Penguburan Wadah Kayu di Sulsel, Skripsi Jurusan Sejarah dan Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin.

Hasyim, Muh. “Duni Sebagai Wadah Kubur di Kaluppini Kabupaten Enrekang”, Skripsi Fak. Sastra UH. Ujung Pandang.

Howell, Clark, 1980. Manusia Purba. Pustaka Alam, Tira. Jakarta.

Kadir, Harun. “Aspek Megalitik di Toraja Sulawesi Selatan”, PIA Cibulan, Pusat Penelitian dan Peninggalan Nasioanal Jakarta.

Najemain, 1991. “Situs Gua Lawatu, Kolaka, Sulawesi Tenggara (Suatu Analisis Sistem Penguburan)”, Skripsi Fak. Sastra UH. Ujung Pandang.

Rosalina, Endang. 1992. “Manik-Manik di Gua Wolatu Kolaka, Sulawesi Tenggara”, Skripsi Fakultas Sastra UH. Ujung pandang.

Soejono, RP. (ed). 1975. Sejarah Nasional Indonesia I, Balai Pustaka, Depdikbud, Jakarta.

Soejono, RP. (ed). 1977. “Perahu Sebagai Bentuk Wadah Penguburan Prasejarah”, Seminar Kebaharian ASEAN, Jakarta 12-13 Agustus 1987. Jakarta.

Soejono, RP. (ed). 1987. “Sistem-Sistem Penguburan Pada Akhir Masa Prasejarah di Bali”, Disertasi UI, Jakarta.

Tangdilintin, L.T. 1978. Toraja dan Kebudayaannya. Yalbu, Tana Toraja.

Widianto, Harry. 1997. “Sistem Penguburan Masyarakat Megalitik, Kajian atas Data Hasil Ekskavasi Kubur Kalang di Bojonegoro dan Tuban”, AHPA I, Puslit Arkenas, Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>