AKTUALISASI POLA HIAS PRASEJARAH DALAM KONTEKS MASA KINI

Main Article Content

Bernadeta AKW

Abstract

Penelitian ini membahas tentang jenis pola hias Indonesia, dengan fokus utama untuk mengetahui melihat adanya semangat pada seni pola hias Indonesia dalam menggunakan kembali pola hias kuna (prasejarah). Melihat hal tersebut maka dilakukan pengumpulan data pustaka kemudian diolah untuk menghasilkan sebuah interpretasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut bahwa akulturasi pola hias prasejarah merupakan gejala baru yang menguntungkan kebudayaan Indonesia pada umumnya dan seni rupa pada khususnya, karena pola hias prasejarah yang ditampilkan dalam berbagai media dengan berbagai penerapannya telah menghidupkan kembali symbol-simbol kebudayaan masa lalu.

Article Details

Section
Articles

References

Ayatrohaedi (ed.), 1985. Kepribadian Bangsa (Local Genius). Jakarta: Pustaka Jaya.

Bangun Pajung, 1993. "Kebudayaan Batak", Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Danandjaya dan Keontjaraningrat, 1993. "Penduduk Kepulauan Sebelas Selatan Sumatra", Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Hartoko, Dick, 1993. Manusia dan Seni. Yogyakarta: Kanisius.

Kempers,A.J.Bemert, 1959. Ancient Indonesia Art. Amsterdam: C.P.J. van de Peet.

Kontjaraningrat, '1990. Beberapa Pokok Antropologi Sosial Jakarta: Dian Rakyat.

Kosasih, S.A., 1987. "Seni Lukis Prasejarah: Bentang Tema dan Wilayahnya", Estetika dalam Arkeologi. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Peursen, van C.A., 1995. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Renfrew, Colin dan Paul Bahn, 1991. Archaeology Theories Methods and Practice. London: Thames and Hudson.

Satari, Soejatmi, 1987. "Seni Hias, Ragam dan Fungsinya: Pembahasan Singkat tentang Seni Hias dan Hiasan Kuna", Estetika dalam Arkeologi. Jakarta:• Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Sedyawati, Edi, 1987. "Peranan Arkeologi dalam Studi Sejarah Kesenian Indonesia", Esteti.ka dalam Arkeologi. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

------------, 1996. "Sistem Kesenian Nasional: Sebuah Renungan", Jurnal Arkeologi Indonesia. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>