KOMPLEKS BANGUNAN MEGALITIK DI MANGKALUKU, LUWU UTARA

Main Article Content

Budianto Hakim

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriftif dengan maksud untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk tinggalan megalitik di situs Mangkaluku  desa Dalimbu, kecamatan Sabbang kabupaten Luwu Utara. Melalui Analisis bentuk dan analogi yang digunakan, diketahui bahwa tinngalan -tinggalan megalitik di situs manggakluku berupa menhir, batu berlubang, dan batu bergores, dimana bentuk-bentuk gambar yang terdapat pada batu  bergores seperti bentuk tanduk, bnetuk matahari dan bunga, dan bentuk bulatan.

Article Details

Section
Articles

References

Azis, Budi Santoso dan Awe, Rokus Due, 1984. “Laporan Penelitian Arkeologi di Flores dan Timor, NTT Th. 1976”, BPA. 9, Jakarta: Puslit Arkenas.

Hakim, Budianto dan Sri Hardiati Endang, 1995. “Laporan Penelitian Arkeologi Situs Mangkaluku, Kabupaten Luwu, Propinsi Sulawesi Selatan”, Ujung pandang: Balai Arkeologi (tidak terbit)

Hakim, Budianto dan Utomo, Bambang Budi, 1994. “Laporan Penelitian Etnoarkeologi di kajang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan”, Ujungpandng: Balai Arkeologi (tidak terbit).

Hakim, Budianto, 1996. “Simbol dalam Upacara Masyarakat Toraja: Suatu Aspek Megalitik”, Makalah dalam PIA VII. Cipanas: Puslit Arkenas, Depdikbud.

Hadimulyono, 1992. “Riwayat Penyelidikan Prasejarah di Indonesia”, 50 Tahun LPPN. Jakarta. Depdikbud.

Kaudern, Walter, 1938. Megalitik Finds in Central Celebes”, Goteborg Ethnographical Studies In Celebes V.

Sukendar, Haris, 1980. “Mencari Peninggalan Nenek Moyang Pendukung Tradisi Megalitik di Tanah Bada (Sulteng)”, Majalah Arkeologi Kalpataru No. 5. Jakarta: Puslit Arkenas. Depdikbud.

Sukendar, Haris, 1983. “Peranan Menhir Pada Masyarakat Prasejarah Indonesia”, PIA III, Cilotot:Puslit Arkenas. Depdikbud.

Sukendar, Haris, 1997-1998. “Batu Bergores Sebagai Simbol Religius”, Majalah Kebudayaan (edisi khusus). Jakarta.:Depdikbud.

Suondo, Santoso dan Bernadeta, 1995. “Laporan Penelitian Arkeologi, Situs Lawo, Kabupaten Soppeng, Propinsi Sulawesi Selatan”, Ujungpandang: Balai arkeologi (tidak terbit)

Perry, WJ, 1918. The Megalithic Culture of Indonesia. Manchester: The University Press.

Van der Hoop, 1932. Megalithic Remains in South Sumatra. Zuthpem, U.J. Theieme, Translated by William Shirlaw.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>