MAKNA SIMBOLIS BEBERAPA MOTIF GORESAN PADA SITUS MEGALITIK TINCO DAN LAWO DI KABUPATEN SOPPENG

Main Article Content

Akin Duli

Abstract

Batu bergores banyak ditemukan dibeberapa situs megalitik di Indonesia termasuk wilayah Tinco dan Lawo Kabupaten Soppeng. Batu bergores tersebut telah diteliti tetapi masih sebatas deskriptif sehingga diperlukan penelitian lebih intensif yang menyangkut fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi batu bergores pada situs Tinco dan lawo. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data dengan melakukan pendekatan analogi etnografi, mengingat masih banyak masyarakat yang mengetahui bahkan melanjutkan tradisi tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa batu bergores menunjukkan atau merefleksikan berbagai aspek kehidupan seperti idiologi, subsistensi, dan lingkungan. batu bergores pada situs Tinco dan Lawo memiliki kekuatan gaib dan magis, berkaitan dengan kematian, tanda pelantikan raja, dan upacara ritual lainnya. Selain itu juga berfungsi sebagai penentuan hari-hari baik, penentuan musim, pertanian dan perburuan.

Article Details

Section
Articles

References

Hamzah, Amina P. dkk., 1984. Monografi Kebudayaan Bugis di Sulawesi Selatan. Ujungpandang.

Heekeren, H.R. van, 1958. "Rock Painting and Other Prehistoric Discoveries Near Maros (Southwest Celebes)", Annual Report 1950, Archaeological Institute of Republic of Indonesia. Jakarta.

Kalupa, Bahru, 1986. Survei Pusat Kerajaan Soppeng. Ujungpandang: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

Kosasih, E.A., 1987. "Luk.isan Prasejarah Bentangan Terna dan Wilayah", Diskusi Ilmialh Arkeologi IL. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Sukendar, Haris, 1975. "Laporan Penelitian Kepurbakalaan Daerah Lampung", Berita Penelitian Arkeologi. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

------------, 1987. "Konsep-konsep Keindahan pada Peninggalan Megalitik", Diskusi llmiah Arkeologi Il. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.