CETAKAN TANAH LIAT DI DESA LAMANGGA, KOTA BAU-BAU, BUTON

Main Article Content

Danang Wahju Utomo

Abstract

Tradisi pengecoran logam di desa Lamangga sangat menarik perhatian yaitu dari hasil limbah industri. Limbah yang dimaksud disini bukanlah sisa-sisa lelehan logam tetapi limbah cetakan pengecoran dari tanah liat. Cetakan tanah liat dalam beberapa hal sering lepas dari pengamatan, maka perlu dilakukan pengamatan yang bertujuan untuk melihat proses perbengkelan logam. Metode yang dilakukan berupa pengumpulan data melalui pengamatan dan analisis terhadap fragmen cetakan tanah liat serta melakukan pengkajian secara etnoarkeologi. Hasil yang diperoleh bahwa pertukangan logam menunjukkan sebuah proses yang selalu menghasilkan limbah, salah satunya pecahan cetakan tanah liat. Pecahan tanah liat atau fragmen gerabah yang ditemukan di sebuah situs tidak semua adalah wadah, kemungkinan lain merupakan cetakan tanah liat apabila temuan fragmen tersebut memiliki konteks atau berasosiasi dengan situs perbengkelan logam.

Article Details

Section
Articles

References

Anonim, 1996. Buku Panduan Keramik. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

------------, 2000. Sekilas Tentang Gerabah Lalombonda Kabupaten Kendari. Kendari: Proyek Pembinaan Permuseuman Sultra - Depdiknas.

Cortesao, Armando, 1944. The Summa Oriental of Tome Pires. London: Hakluyt Society.

Fatmawati U., Andi, 2001. Penelitian Arkeologi Alat-Alat Kerajaan Buton. Makassar: Balai Arkeologi.

Haryono, Timbul, 1985. "Arkeometalurgi: Prospeknya dalam Penelitian Arkeologi di Indonesia", Pertemunn Ilmiah Arkeologi Ill. Jakarta; Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Ligtvoet, A., 1878. "Bescrijving en Geschiedens Van Boetoen", BKI, 26. 'S Gravenhagen.

Malihu, La, 2001. "Kesultanan Buton dalam Jaringan Pelayaran dan Perdagangan Nusantara Abad XV11 dan XVIII", Somba Opu, Vol. 7, no. 11. Makassar: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

Mundardjito, 1983. "Beberapa Konsep Penyebarluasan lnformasi Kebudayaan Masa Lalu", Seminar Penulisan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional.

Nastiti, Ni Komang Ayu, 2001. "Analisis Laboratoriurn Teknologi Pembuatan Gerabah Situs Gedung Karya, Muara Jambi, Propinsi Jambi", Walennae, Vol. IV, no. 7. Makassar: Balai Arkeologi.

Schroorl, Jw., 1985. "Power, Idiology and Change in the Early State of Buton", makalah disampaikan dalam Kongres Sejarah lndonesin-Netherland TV, 23-27 Juni 1985.

Siswandhi, Ronny, 1985. "Alat Produksi dan Limbah Pertukangan Logam di Banten Lama", Pertemuan Ilmiah Arkeologi III. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.