PENGUBURAN TEMPAYAN DI SITUS TAKBUNCINI, KABUPATEN TAKALAR, SULAWESI SELATAN

Main Article Content

Nani Somba

Abstract

Sistem penguburan pada masa prasejarah di Indonesia dikenal adanya penguburan pertama (primer) dan penguburan kedua (sekunder). Sistem penguburan ini biasanya menggunakan wadah atau tanpa wadah. Penguburan dengan menggunakan tempayan sebagai wadah kubur untuk menyimpan mayat atau kerangka manusia banyak ditemukan di Indonesia, termasuk situs Takbuncini daerah Takalar, Sulawesi Selatan. Situs Takbuncini dianggap memiliki data lengkap karena situs ini sudah pernah diteliti dengan menggunakan teknik survei dan ekskavasi meskipun belum tuntas. Penelitian yang dilakukan sebelumnya belum menghasilkan pertanggalan absolute untuk mengetahui periodesasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kronologi dari situs Takbuncini. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data yang kemudian diolah serta menganalisis hasil temuan yang diperoleh dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya temuan berupa tempayan yang difungsikan sebagai wadah penguburan dengan temuan rangka manusia didalamnya yang berasosiasi dengan bekal kubur berupa manik-manik, lempengan logam dan temuan gerabah. Berdasarkan temuan tersebut maka situs Takbuncini dapat dinyatakan bahwa situs kubur prasejarah masa perundagian.

Article Details

Section
Articles

References

Azis, Fadhila Ari.fin, 1983. "Studi ArkeologiDemografi Pada Situs Kubur Gilimanuk (Bali) dari Masa Perundagian". PIA VI. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi-Nasional.

-------------, 1994/1995. "Simbolisasi Dalam PraktekKubur TempayanMasa Paleometalik: Kajian atas Data Konteks Kubur". Berka/a Arkeologi, edisi 15. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Bellwood, Peter, 2000. Prasejarah Kepulauan Indo-Malaysia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bintarti, D.D., 1986, "Lewoleba Sebuah Situs Masa Prasejarah", PIA W, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Bintarti, D.D., 1989. "Tempayan Kubur di Indonesia", PIA V, Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Nusriat, dkk. , 1994. Laporan Ekskavasi Situs Takbuncini Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Suaka PSP SulSelra, (laporan penelitian tidak terbit). Ujungpandang: SPSP Sulselra.

Mannan, Syahrawi, t.t. "Beberapa Catatan Tentang Situs Kubur Tempayan Takbuncini, Desa Galesong Baru", Somba Opu, vol. 5, No.7. Ujungpandang: SPSP Sulselra.

Soegondho, Santoso, 1995. Tradisi Gerabah di Indonesia, Dari Masa Prasejarah Hingga Masa kini. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Soejono, RP., 1976. "Jaman Prasejarah di Indonesia", dalam Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan

Somba, Nani, 1993. "Sistein Penguburan Wadah Kayu di Sulawesi Selatan", Walennae, No. 3. Makassar: Balai Arkeologi Makassar.

Tim Peneliti, 1995. Laporan Ekskavasi Situs Takbuncini, (laporan penelitian tidak terbit). Ujungpandang.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>