MAKAM-MAKAM KUNA DI PESISIR SULAWESI SELATAN: TANDA KUBUR ISLAM TRADISIONAL

Main Article Content

nfn Muhaeminah

Abstract

Nisan-nisan kuno termasuk tinggalan arkeologi islam yang banyak terdapat pada kompleks makam raja-raha di sulawesi selatan. Tulisan ini menyajikan gambaran singkat tentang bentuk-bentuk nisan pada makam kuno di pesisir sulawesi selatan yang pernah di teliti oleh balai arkeololi ujung pandang sejak tahun 1994-1995. Bentuk-bentuk nisan kubur dapat memberi gambaran mengenai arti simbolis beberapa unsur budaya masa lalu yang kini masih dapat kita saksisan melalui tinggalannya.

Article Details

Section
Articles

References

Ambary, Hasan Muarif. 1991. “Makam makam kesultanan dan para wali penyebar islam di pulau jawa”, Aspek Aspek Arkeologi Indonesia,12, Jakarta. Puslit Arkenas.

Bakar, Usman. 1991. “Tauhid dan Sains” dalam Esei-Esei Tentang Sejarah Filsafat Sains Islam, Jakarta: Pustaka Hidayah.

Fadillah, Moh. Ali. 1989. “Simbol Genitalia pada makam Bugis Makassar dan Persamaannya di Asia Tenggara: Suatu Kajian Tipologi Nisan Kubur”, Pertemuan Ilmiah Arkeolog V (Yogyakarta), Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Irmawati, 1996. “Ornamen Mihrab dan Lampu pada beberapa makam, sebuah tinjauan simbolik”, Pertemuan Ilmiah Arkeologi VII (Cipanas), Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Montana, dkk, Suwedi. 1994. “Laporan Penelitian Arkeologi: Potensi Tinggalan Arkeologi Islam di Kabupaten Majene”, Ujung Pandang: Balai Arkeologi Ujung Pandang (Belum Terbit).

Muhaeminah. 1994. “Laporan penelitian arkeologi: Seni khat dan Ajaran Agama Islam di dalam Inskripsi Kaligrafi Arab dan Lontara pada makam Islam Bagian Selatan Kodya Ujung Pandang”, Ujung Pandang. Balai Arkeologi Ujung Pandang. (Belum Terbit).

Muhaeminah. 1995. “Laporan Penelitian Arkeologi: Nisan Arca dan Relief Manusia pada makam makam kuna Islam di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, dan Takalar, Prop. Sulawesi Selatan”, Ujung Pandang. Balai Arkeologi Ujung Pandang (Belum Terbit).

Tjandrasasmita, Uka. 1976. “Tinjauan Tentang Arti Seni Bangunan dan Seni Pahat Dua Buah Gafura Bersayap dari Kepurbakalaan Islam di Sendang Duwur”, MSI II, Jakarta: Universitas Indonesia.

Tjandrasasmita, Uka. 1976. “Riwayat Penyelidikan Kepurbakalaan dan Peninggalan Islam”, 50 Tahun Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi dan Peninggalan Nasional.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>