BEBERAPA KONSEP KEBUDAYAAN DAN APLIKASINYA DALAM ARKEOLOGI

Main Article Content

nfn Hasanuddin

Abstract

Tulisan ini merupakan penjelasan singkat dari karya J. Ned Woodall berjudul An Introduction to Moderen Archaeology. Dalam karyanya tersebut Woodall menguraikan beberapa konsep kebudayaan dan aplikasinya dalam penelitian arkeologi seperti konsep historical particularism, structural fungsional system, cultural materialism dan cultural ekologi. Adanya keragaman konsep kebudayaan yang bisa dipergunakan dalam penelitian arkeologi disebabkan oleh sifat data arkeologi itu sendiri, yaitu sangat terbatas dalam hal jumlalah maupun kualitas dari data tersebut. Maka dari itu diperlukan sebuah konsep kebudayaan yang harus sesuai dengan data-data yang di peroleh dalam sebeuah penelitian arkeologi.

Article Details

Section
Articles

References

Binford, Lewis R. 1983. Working at Archaeology. New York : Academic Press.

-----------, 1972. An Archaeological Perspective. New York : Seminar Press.

Dharmaputra, Nick Geofano. 1995. "Kebudayaan Hidup dan Arkeologi". Makalah pada Seminar Nasional Metodologi riset Arkeologi, Jurusan Arkeologi, Fakultas Sastra U.I. (tidak terbit).

Geldem, R. von Heine. 1945. "Prehistoric Research in The Netherlands Indies" Science and Scientists in The Netherlands Indies. New York: Pieter Honing, Ph.D.

Koentjaraningrat 1987. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: U.l. Press.

Magetsari, Nurhadi 1995. "Metode Penelitian Agama dalam Arkeologi" Makalah pada Seminar Nasional Metodologi Riset Arkeologi, Jurusan Arkeologi, Fakultas Sastra U.I. (tidak terbut).

Mundardjito 1993. Pertimbangan Ekologi dalam Penempatan Situs-situs Masa Hindu-Budha di Daerah Yogyakarta: Kajian Arkeologi Ruang Skala Makro. Disertasi U .I.

Nurhadi. 1987. "Arkeologi . Enklaren dan Verstehen Sebuah Alternatif Lain". Amerta No. 10. Jakarta: Pus lit Arkenas.

Prasetyo, Bagyo. 1993. "Kajian Fungsi Artefak Perunggu : Studi Kasus Situs Plawangan, Gilimanuk dan Pasir Angin" dalam Analisis Hasil Penelitian Arkeologi IV, hal. 143 - 148. Jakarta : Puslit Arkenas.

Ramelan, Wiwin Djuwita. 1989. "Beberapa Pendekatan Konseptual Antropologi Ekologi Kemungkinan Penerapannya dalam Penelitian Arkeologi Ekologi" dalam Pertemvan Ilmiah Arkeologi V hal. 232 - 248. Jakarta: Puslit Arkenas.

Steward, Julian H. 1955. Theory of Culture Change: The Methodology of Multilinear Evolution. Urbana: University of Illinois Press.

Sukendar, Haris. 1993. "Benda-benda Logam pada Tradisi Megalitik di Indonesia (Kajian Peranan dan Fungsi)", dalam Analisis Hasil Penelitian Arkeologi IV hal. 151 - 162. Jakarta : Puslit Arkenas.

Thomas, David Hurst. 1991. Archaeology. Chicago : Holt Rinehart Winston.

Willey, Gordon R. and Phillip and Phillips. 1958. Method and Theory in Americanl Archaeology. Chicago: The University of Chicago Press.

Woodall, J. Ned. 1972. “An Introduction to Modern Archaeology”. Cambridge: Schenkman Publishing Company.

Most read articles by the same author(s)