PESTA ADAT MAPPANRE TASI: OBJEK WISATA LAUT DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN

Main Article Content

Andi Nuralang

Abstract

Upacara tradisional kaya akan nilai budaya positif yang patut mendapat perhatian, karena banyak kemungkinan yang menjadi penyebab tergesernya upacara tradisional, diantaranya melalui kontak sosial. Salah satu upacara tradisional yang menjadi perhatian berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan, yaitu Pesta Adat Mappanre tasi sehingga menarik untuk dikaji. Tujuannya untuk memaparkan transformasi nilai yang terjadi, dipandang dari sudut perubahan sosial budaya dan ekonomi. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data pustaka dan lapangan menyangkut prosesi upacara tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan hipotesa. Hasil yang diperoleh bahwa pelaksanaan pesta adat mappanre tasi bertujuan untuk mengucap rasa syukur kepada tuhan akan rahmat yang diterima berupa ikan laut. Transformasi nilai yang terjadi memiliki dua dampak yaitu positif dan negatif. 

Article Details

Section
Articles

References

Amrullah, Andi. 1998 "Paga tan Dalam Nukilan Sejarah". Dalam Harian Banjarmasin Post edisi Sabtu, 18 April 1998 hal. 1 kolom 3-6.

Anonim. 1995 Bupati Kotabaru Harapkan Investor Sektor Pariwisata. Harian Dinamika Berita. Edisi Senin, 17 April 1995. hal. 7 kolom 1-5.

Anonim. 1995. Laporan Penyelenggaraan Pesta Laut Mappanretasi di Pagatan, Kotabaru tanggal 9 s/d 16 April 1995. Banjarmasin: Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kanwil XII Kalimantan Selatan.

Anonim: 1998 Laporan Penyelenggaraan Pesta Laut Mappanretasi di Pagatan, Kotabaru. Tanggal 12 - 19 April 1998. Banjarmasin: Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Kanwil Kalimantan Selatan.

Idwar, Shaleh. Syarifuddin, Gazali Usman. 1982/ Laporan Survei Pengadaan Koleksi. Banjarbaru : Proyek Pengembangan 1983. Permuseuman Kalimantan Selatan Di Kabupaten Kotabaru. Depdikbud.

Kusmartono, Vida Pervaya Rusianti dan Andi Nuralang. 2001 Kehidupan Sosial Ekonomi dan Perdagangan di Daerah Pesisir Tenggara Kalimantan

Pada Abad ke-19 Masehi. Berita Penelitian Arkeologi No. 08. Banjarbaru: Balai Arkeologi Banjarmasin.

Sulistyanto, Bambang. 2000 Perubahan Nilai Magis Fosil Kawasan Situs Sangiran. Makalah Evaluasi Hasil Penelitian Arkeologi, Bedugul Bali, 14-18 Juli 2000. Pusat Penelitian Arkeologi.

Wawancara pribadi dengan Ors M. Syaifullah dkk, Banjarmasin : April 2002, Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalimantan Sela tan.

Wawancara pribadi dengan Attabranie Kasuma, BA, tokoh masyarakat, antropolog dan Budayawan Banjar. Banjarmasin : 20 Juli 2002.